Wisata Alam Kali Mudal Gumuk, Sungai Jernih Segar di Magelang

  1. Home
  2. »
  3. Jawa Tengah
  4. »
  5. Wisata Alam Kali Mudal Gumuk, Sungai Jernih Segar di Magelang
Kali Mudal Gumuk

Artikel ini dibuat sebelum berangkat Ronda (sudah kelihatan warga yang baik kah?), oh iya aku mau cerita dari pagi sampai siang hari ini bersama kawan-kawan mengadakan touring tipis-tipis menuju sisi barat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh kurang lebih 35 kilometer.

Namun sepertinya dengan jarak 35 kilometer belum di anggap touring ya? tapi tidak apa-apa yang penting seru. Tema touring kali ini ciblon (berenang di sungai) sambil bawa perlatan masak seadanya yang penting ciblon sambil masak-masak pinggir sungai. Nah Kali Mudal Gumuk menjadi pilihan kami sebagai titik touring sambil liburan kali ini.

Kali Mudal Gumuk merupakan sungai mata air berwarna biru dan jernih, dasar sungai ini bisa dilihat dengan mata telanjang dan itu sudah saya buktikan hari ini Minggu, 27 Agustus 2023.

Wisata alam ini mulai dikenal baru-baru ini saat masa masa Covid, dan kini mulai ramai pengunjung dan spot untuk berenang tidak begitu besar. Kalau pengunjung pas ramai-ramainya bakalan jadi seperti cendol.

Suasana di Kali Mudal Gumuk sangat nyaman, sejuk dan tidak bising karena jauh dari jalan raya. Untuk sampai lokasi saya dan kawan-kawan harus jalan melewati anak tangga yang tidak terlalu panjang, kurang lebih 500 meter saja dari tempat parkir.

Jadi untuk daya tarik yang saya dapatkan disini diantaranya menikmati alam sambil berenang di mata air yang jernih dan mendengarkan gemricik air. Namun yang tidak begitu suka disini ada warung yang mendengarkan musik cukup keras, menurutku suara alam jadi hilang karena musik tersebut, padahal yang diharapkan pengunjung seperti saya ini memang ambient dari alam itu sendiri.

Bisa di kasih tahu lokasi Kali Mudal Gumuk ?

Oke tenang-tenang kawanku yang ingin datang di tempat ini. Lokasinya berada di Dusun Treko, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jaraknya dengan kota Yogyakarta sekitar 35 kilometer, jalan flat dan sekitar 2 kilometer sebelum sampai lokasi jalan sedikit rolling, lebih lengkap anda bisa melihat langsung di rute google maps bawah ini.

Ini Jam Buka dan Biaya Masuk Berapa Mas ?

Biaya masuk di Kali Mudal Gumuk itu bayar seikhlasnya, sudah disiapkan kotak kas yang bisa anda masukkan sebagai bentuk kepedulian rekan-rekan semua untuk para pengelola untuk merawat, membersihkan, dan juga peningkatan fasilitas di Kali Mudal Gumuk.

Sedangkan untuk jam buka standar sih, jam 7 pagi - 5 sore.

Mas, Mas, Untuk Fasilitas Apa Aja ?

Karena wisata alam ini masih terbilang masih baru karena viral, dan masih dikelola oleh warga setempat. Untuk fasilitas disini masih belum begitu banyak, namun dengan fasilitas yang ada disini sudah cukup terbantu diantaranya.

  1. Area Parkir (tidak begitu luas)
  2. Toilet Umum (hanya terdapat 2 toilet)
  3. Warung makan
  4. Mushola
  5. Gazebo

Dalam pemantauan saya saat hari minggu, untuk toilet umum antri cukup banyak karena pengunjung dengan fasilitas toiletnya tidak seimbang jumlahnya. Jadi bagi kawan-kawan yang berkunjung ditempat ini harap memaklumi karena masih dikelola warga setempat fasilitas belum banyak.

Kalau Saya Datang Kesini Apa Yang Dipersiapkan ?

Poin persiapan pertama adalah kondisi yang sehat, kalau liburan tidak sehat kan jadinya tidak asik dan seru selanjutnya adalah :

  1. Membawa uang cash
  2. Menggunakan kendaraan yang prima
  3. Membawa perlengkapan renang
  4. Jangan buang sampah sembarangan

Dengan persiapan di atas, sudah dipastikan anda akan menikmati liburanmu ini. Refreshing simple namun manfaat untuk pikiran kita sangat banyak. Jangan lupa beli makanan di warung warga, agar perekonomian warga setempat bagus.

Kalau merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosialmu atau teman terdekatmu, kali aja mereka mau di ajak liburan bareng dirimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 2024 Lensa Nasrul - All Rights Reserved