Camping di waduk sermo

Beginilah, Camping Perdana Waduk Sermo di Musim Pandemi Covid-19

Saat pandemi covid-19 ternyata ada perubahan sistem di setiap tempat wisata ataupun ground camping, dan ini saya alami saat menikmati camping sabtu minggu di Waduk Sermo (25-26 juli 2020). Saya dan teman-teman camping di Waduk Sermo dengan peraturan baru demi pengamanan menangkal penyebaran virus covid-19.

Ini menjadi camping perdana setelah virus covid-19 menyerang, aktivitas menjadi berbeda dan liburan atau minikmati alam pun kini semakin di persulit karena kita di wajibkan harus memiliki riwayat kesehatan yang baik.

Jadi ceritanya saya dan teman-teman camping di waduk Sermo. tempat yang menarik karena landscape yang di suguhkan sangat menawan. Pasti teman-teman juga sudah tahu di mana waduk Sermo itu?

Waduk Sermo adalah sebuah waduk yang berada di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Waduk buatan yang menghabiskan biaya 22 miliar dan diselesaikan dalam waktu dua tahun delapan bulan.

Waduk sermo matahari terbit
Waduk sermo saat matahari terbit

Ada beberapa tempat untuk Camping Ground di Kawasan Waduk Sermo, akan tetapi saya memilih lokasi Taman Bambu Air Waduk Sermo di karenakan tempat ini cukup strategis dan menarik untuk melihat matahari terbit, selain itu area camping ground pun cukup luas.

Tiba Lokasi Saat Malam Hari

Kami melakukan perjalanan dari kota Yogyakarta ke Waduk sermo, dan sampai lokasi Camping Ground sekitar pukul 20.20 Wib menggunakan mobil. Untuk sampai lokasi camping ground yaitu Taman Bambu Air Waduk Sermo, kita harus memutari waduk Sermo, silahkan cek di google maps karena camping ground sudah tersedia di google maps.

Jalan ada yang halus dan tidak rata, dan jalan juga semakin kecil kemungkinan hanya bisa di lewati mobil satu arah, kalau sampai ada yang berlawanan harus saling mengalah dan bergantian.

Apalagi datang saat malam hari, jalan menuju lokasi minim lampu anda yang ingin mengunjungi tempat ini harus berhati-hati.

Sampai Lokasi Camping Ground, Dan Seabrek Tetek-Bengek Keamanan Covid-19

Sebenarnya tidak seribet yang saya tulis atas ini, saya hanya ingin menakut-nakuti anda dan sampai mana anda betah membaca artikel ini. Jadi sampai di Ground Camping yang saya pilih yaitu Taman Bambu Air Waduk Sermo ternyata keamanan cukup ketat.

Kami akan melewati pintu masuk tempat camping ground dan sudah di tunggu oleh penjaga sana. Kami di wajibkan untuk memberikan informasi identitas KTP/SIM untuk verifikasi data asal daerah, apabila anda berada orang yang di luar dari wilayah DI.Yogyakarta, maka anda di wajibkan untuk membawa surat kesehatan. Namun jika anda warga DIY maka anda hanya memperlihatkan identitas saja.

Setelah data ACC, anda harus mengisi formulir guna menyimpan data apabila terjadi sesuatu seperti sakit tiba-tiba dan sejenisnya dan tracking data akan lebih mudah di cari apabila ada yang positif covid-19.

Tak lupa pengunjung di wajibkan menggunakan masker selama di tempat camping ground, para pengawas sangat sopan dan patuh akan peraturan yang mereka buat agar selama menikmati lokasi tidak terjadi apa apa, dan pengunjung pun harus ikut mematuhi peraturan itu juga.

Informasi Yang Bisa Di jadikan Panduan Anda Sebelum Ke Taman Bambu Air Waduk Sermo

Di lokasi pun saya sempat membaca peraturan jam operasional selama uji coba New Normal di Taman Bambu Air Waduk Sermo

  1. Aktivitas untuk pengunjung siang dan prewedding di mulai pukul 07.00 – 17.00 Wib
  2. Aktivitas kegiatan Camping mulai jam 18.00 – 06.00 Wib
  3. Jumlah pengunjung baik wisata disiang atauapun saat kegiatan camping dibatasi maksimal 80 orang dalam 1 waktu.
  4. Informasi dan reservasi di whatsapp 081328091605

Biaya Yang Di Keluarkan ?

Untuk biaya menginap 1 malam tiap orang Rp.10.000,- dan selama new normal ini tiap grub akan mendapatkan nomer toilet sebagai tempat khusus toilet, dan di Taman Bambu Air Waduk Sermo terdapat 8 toilet yang layak di pakai.

Menikmati Camping Dengan Hati Tenang dan Bahagia

Setelah semua prosedur sudah di jalankan maka kita sudah bebas dan bisa memilih tempat untuk camping. Tempat camping yang layak untuk sekedar menikmati landscape karena disini kita sudah mendapatkan apa yang saya rasa enak tidak ribet untuk camping.

Disini sudah ada toilet, tempat ibadah, pelayanan petugas 24 jam, tempat cuci tangan, gazebo dan juga warung.

Selanjutnya hanyalah memasang tenda, mempersiapkan ruang bersantai, memasak dan bernyanyi bersama. Lepaskan masalah yang sedang mengendap dan mari menikmati keindahan Waduk Sermo malam hari dan pagi hari saat matahari terbit.

Matahari terbit dari Bambu Air Waduk Sermo
Matahari terbit dari Bambu Air Waduk Sermo
Camping bersama 3 teman
Camping bersama 3 teman
Landscape Bambu Air Waduk Sermo
Landscape Bambu Air Waduk Sermo

Seperti aturan operasional new normal, di mulai sejak pukul 06.00 wib sudah mulai kemas-kemas, dan pukul 07.00 adalah batas terakhir bagi yang camping untuk membongkar tendanya, selanjutnya pihak pengawas akan membersihkan lokasi tersebut untuk aktivitas siang hari.

1 thought on “Beginilah, Camping Perdana Waduk Sermo di Musim Pandemi Covid-19”

  1. aduh sausananya tenang banget

    Reply

Leave a Comment

error: Buy Photo ask@lensanasrul.com