Connect with us

Mengenal Lebih Dekat Sentral Batik di Lendah, Kulon Progo Karena Ikut Lomba Foto

sembung batik

Traveling Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Sentral Batik di Lendah, Kulon Progo Karena Ikut Lomba Foto

Mengenal Lebih Dekat Sentral Batik di Lendah, Kulon Progo Karena Ikut Lomba Foto

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang di akui oleh UNESCO : batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi. Sebagai warisan budaya harusnya kita sebagai warga Indonesia harus pelan-pelan mengenal lebih dekat seputar Batik.

Akan tetapi di sini saya bukan menceritakan seputar silsilah batik, melainkan menginformasikan di mana saja sentral batik yang wajib diketahui karena hasil yang bagus dan berkualitas. Akhirnya kemarin 21-nov-2020 saya menghampiri kecamatan Lendah, Kulon Progo untuk melakukan pemotretan dengan tujuan untuk mengikuti lomba fotografi.

Namun bukan hanya mengikuti lomba fotografi, di sini saya bisa mengulik beberapa informasi yang saya dapatkan seputar kecamatan Lendah Kulon Progo Yogyakarta sebagai salah satu sentral batik di Yogyakarta.

Bagi Anda yang tidak tahu Lendah Kulon Progo Yogyakarta Anda bisa melihat google maps di bawah ini untuk bagaimana menuju akses wilayah tersebut.

Pusat industri batik di Kecamatan Lendah terletak di 3 desa, yakni: Desa Sidorejo, Desa Gulurejo, Desa Ngentakrejo.

Begitu banyak showroom dan tempat produksi batik di kecamatan Lendah Kulon Progo, dan bisa menjadi jujugan terakhir pulang apabila Anda melakukan penerbangan, karena untuk saat ini bandara sudah berpindah di Yogyakarta Inernational Aiport Kulon Progo Yogyakarta.

Pewarnaan batik cap

Batik-batik yang di produksi perajin di kecamatan Lendah di antaranya batik tulis dan juga batik cap. Semua perajin mayoritas merupakan asli dari kecamatan tersebut.

Untuk aktivitas saya di kecamatan Lendah, saya mengunjungi tempat proses produksi di Sembung Batik yang beralamat di Sembungan, Gulurejo, Lendah, Kulon Progo Yogyakarta. Di sinilah tempat saya untuk melakukan pemotretan untuk kebutuhan lomba dan di sini juga yang menyelenggarakan lomba tersebut. Dengan adanya lomba ini saya berkesempatan bisa mengexplore aktivitas para perajin batik selama produksi.

Read :  Aku Masih Pemula, Mencoba Bermain Arum Jeram di Sungai Elo

Sampai di tempat pembuatan batik, pemilik Sembung Batik yaitu Bapak Girin sangat welcome kepada kita sebagai fotografer dan memberikan pelayanan yang bagus padahal kita di sini sebenarnya mengganggu mereka, namun beliau mempersilahkan dengan terbuka, dan memberikan ruang untuk kita bebas mengatur para perajin jika ingin difoto.

Batik cap

Sama seperti penjelasan sebelumnya di Sembung Batik pun memproduksi batik tulis dan juga batik cap.

Singkat cerita beliau pemilik Sembung Batik merintis pembuatan batik tidak semudah yang di bayangkan. Mulai merintis tahun 2008, dan mulai di sahkan pada tahun 2009. Pernah juga di demo sama warga karena limbah yang mengganggu pencemaran, namun kini sudah di atasi karena beliau sudah membuat wadah sendiri khusus untuk penampungan limbah yang berdekatan dengan rumah.

proses warna agar tidak mudah luntur

Jadi, jika Anda liburan ke Jogja Anda bisa mengunjungi kecamatan Lendah Kulon Progo untuk mencari kerajinan Batik yang merupakan warisan budaya Indonesia yang harus terus di lestarikan. Dengan membeli produk lokal pun Anda sudah mendukung geliat perekonomian Indonesia dan geliat pariwisata Indonesia.

Continue Reading
You may also like...

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Traveling Indonesia

Trending




To Top
error: Buy Photo ask@lensanasrul.com