Festival Balon Udara Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

  1. Home
  2. »
  3. Jawa Tengah
  4. »
  5. Festival Balon Udara Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Festival Balon Udara Wonosobo adalah salah satu acara yang dari dulu ingin saya kunjungi. Festival ini berlangsung setiap libur lebaran hari Raya Idul Fitri. Di tahun 2024 ini, Festival Balon Udara di Wonosobo ini berlangsung selama 10 Hari di tempat yang berbeda-beda, untuk lokasinya akan saya bagikan di akhir cerita perjalanan saya ini.

Dengan landscape Wonosobo yang keren dan indah ditambah menariknya event Festival Balon Udara membuat berbagai penjuru penikmat termasuk saya datang untuk menikmati Festival tersebut. Bisa dibilang ini Cappadocia versi litenya hehe..

Kalau di Cappadocia itu Balon udara bisa dinaikin sedangkan di Wonosobo hanya bisa melihat pas terbang dan proses terbangnya. Balon Udara itu juga diikat menggunakan tali. Apabila setelah acara selesai, Balon udara akan kembali diturunkan.

Saya datang ke Festival Balon udara Wonsobo di lokasi pertama yaitu di desa Kembaran yang menurut teman-teman fotografer disini lokasi yang terbaik karena landscape yang ditawarkan adalah pemandangan gunung Sumbing. Karena ini perdana saya juga memotret Festival Balon Udara Wonosobo aku sih ikut saja yang penting ada teman buat berangkat ke lokasi bersama-sama. Oh iya dalam perjalanan cerita ini saya bersama teman-teman komunitas fotografer Instanusantara regional Yogyakarta.

Foto bareng setelah acara selesai

Berangkat Lebih Awal Agar Tidak Kena Macet

Karena perjalanan menuju Wonosobo dari Yogyakarta membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dan acara Festival Balon Udara selalu dimulai pukul 06.00 WIB. Kami berangkat dari titik kumpul pukul 01.00 WIB, maksud dan tujuan berangkat jam yang ditentukan agar tidak terkena macet dan sebagai fotografer kita bisa melihat situasi dan pemetaan lokasi mana yang terbaik untuk diabadikan.

Kami sampai lokasi sekitar pukul 02.40 WIB, alhamdulillah masih bisa untuk istirahat disekitar lokasi.

Cuaca Tidak Mendukung Namun Atusias Wisatawan Membludak

Menurut info cuaca memang Wonosobo sedang tidak bagus cuacanya yaitu sedikit mendung. Sempat sebelum acara hujan ringan, namun antusias wisatawan yang datang semakin terasa dan semakin padat dikarenakan ini hari terakhir di desa Kembaran dan akan dilanjutkan di desa Semayu. Yang datang pun bukan dari warga lokal melainkan luar kota yang mendominasi.

Para peserta penggerak Balon Udara mulai menghidupkan api untuk menerbangkan Balonnya. lapangan Kembaran mulai padat dan pelan-pelan Balon mulai pada naik, semua mengabadikan momen menarik ini.

Semua menikmati proses terbang Balon Udara dan juga saat Balon Udara terbang di langit. Dari yang hanya mendokumentasikan menggunakan smartphone sampai kamera profesional, drone aerial dan Fpv pun meramaikan momen seru event tersebut.

Minimal minta difotoin yang penting ada kenangannya

Saya sendiri sampai bingung karena ini menjadi perdana saya menikmati festival tersebut, antara ingin mencari stock photo dan footage atau hanya menikmati festival tersebut. Kebingungan ini yang mengakibatkan dokumentasi foto dan footage kali ini biasa saja. Namun dengan dokumentasi yang ada ini bisa untuk menggambarkan bagaimana situasi keseruannya Festival Balon Udara di Wonosobo.

festival balon udara
Dipotret menggunakan drone suasana festival balon udara Wonosobo

Nah bagi kalian yang ingin mencari informasi untuk Festival Balon Lainnya di Tahun 2024, anda bisa baca list Jadwal dan Lokasi Festival Balon Udara Wonosobo di bawah ini :

Jadwal dan Lokasi Festival Balon Udara Wonosobo Tahun 2024

  • Festival Balon Kembaran (11-14 April)
  • Festival Balon Semayu (12 April)
  • Festival Balon Karangluhur (13-14 April)
  • Festival Balon Lamuk (13-14 April)
  • Festival Balon Kaliasem (14-15 April)
  • Festival Balon Jaraksari (16 April)
  • Festival Balon Simbang (12-16 April)
  • Festival Balon Mudal (17 April)
  • Festival Balon Reco (16-17 April)
  • Festival Balon Sambek (18-19 April)
  • Festival Balon Anshor/Bojasari Siyono (14-15 April)
  • Festival Balon Anshor/Candiyasan (18-19 April)
  • Festival Balon Wringinanom (20 April)
  • Puncak Festival 21 April di Alun-alun Wonosobo

Tips Singkat Datang Ke Festival Balon Udara Wonosobo

Jika ingin berkunjung ke Festival Balon Udara Wonosobo, maka wisatawan diimbau sudah ada di lokasi pada pagi hari sebelum pukul 06.00 WIB. Balon akan mengudara hingga pukul 08.00 WIB atau 09.00 WIB. Berangkat lebih pagi dan pulang yang terakhir menghindari kemacetan. Pastikan membawa smartphone dan kamera untuk mengabadikan momen anda selama di Festival Balon Udara.

Kalau ada informasi yang kurang lengkap diartikel ini, jangan sungkan untuk kirim komentar dibawah ini.

Dokumentasi : 14 April 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 2024 Lensa Nasrul - All Rights Reserved