Cara Menginap di Hotel, Panduan Lengkap Pemula

hotel di bali

Artikel ini ditujukan untuk anda pembaca yang masih baru dan belum paham bagaimana cara menginap di Hotel. Ternyata masih banyak yang belum mengetahui bagaimana prosedur menginap di Hotel, maka dari itu saya mencoba membuat artikel ini secara gamblang agar muda di pahami oleh pembaca yang masih awam cara menginap di Hotel.

Jadi untuk urutan artikel penjelasan di bawah ini di antaranya :

  • Cara Booking Hotel
  • Cara Check-in Hotel
  • Cara Membuka Pintu Kamar Hotel
  • Cara Menghidupkan Listrik Kamar Hotel
  • Cara Check-out Hotel

Dari 5 cara tersebut akan saya informasikan secara jelas step by step agar mudah di pahami, akan saya mulai dari :

Cara Booking Hotel

Di era serba teknologi saat ini, booking Hotel sudah semakin mudah. Anda hanya membutuhkan smartphone untuk booking Hotel. Namun bagi yang awam saya kasih rekomendasi aplikasi booking hotel yang populer di Indonesia dan anda bisa memiliki mana yang menurutmu cocok dengan anda, atau bisa cek mana saja yang memiliki promo paling banyak.

  • Traveloka
  • Oyo
  • Airy
  • PegiPegi
  • Booking.com
  • Agoda
  • TripAdvisor
  • Tiket.com
  • Mister Aladin
  • Hotels.com
  • Airbnb

Tentukan aplikasi booking hotel yang cocok dengan anda seperti proses pembayaran, karena tidak semua proses pembayaran sama, namun mayoritas semua bisa menggunakan metode transfer bank.

Di aplikasi Booking Hotel di atas juga memiliki cara berbeda untuk menarik konsumen, ada yang bisa bayar terakhir dan ada juga yang bisa memberikan pembatalan atau ganti tanggal di saat bentrok dengan waktu yang sudah di tentukan.

Untuk booking hotel pun di wajibkan untuk input KTP (Kartu Tanda Penduduk) / paspor untuk validasi data.

Ingat ya, saat reservasi pastikan anda membaca peraturan salah satunya baca jam Check-in dan Check-out, namun mayoritas jam Check-in sekitar jam 14.00 wib dan Check-out jam 12.00 wib, namun untuk check-in biasanya anda bisa request. Maka dari itu pastikan anda di baca dengan cermat peraturan yang sudah di tulis.

Read :  Backpacker Ke Singapore, Menginap Murah di Rucksack Inn @ Lavender Street

Cara Check-in Hotel

  1. Datanglah di waktu check-in. Apabila waktu yang anda datangi salah, pihak hotel tidak akan melayani anda, ujung-ujungnya menunggu sampai waktu check-in yang di tentukan.
  2. Apabila sesuai dengan waktu check-in silahkan anda langsung menuju resepsionis hotel dan menjelaskan bahwa anda akan check-in dengan menjelaskan booking di aplikasi mana atas nama siapa.
  3. Pihak resepsionis hotel akan mengecek informasi booking anda, dan apabila anda pertama kali menginap di hotel tersebut, anda di wajibkan untuk menyodorkan KTP untuk validasi data, selanjutnya apabila sudah benar, pihak resepsionis akan mengembalikan KTP anda dan akan mempersiapkan kamar yang akan di gunakan.
  4. Setelah itu resepsionis akan menyodorkan formulir registrasi yang menyatakan persetujuan pembayaran dan ketentuan hotel lainnya. Ada beberapa hotel yang meminta jaminan uang biasanya di bawah Rp.100.000,-. Jangan kuatir setelah anda check-out uang tersebut akan di kembalikan.
  5. Setelah semua selesai, resepsionis kemudian akan menyerahkan kunci kamar hotel kepada anda. Staff hotel akan mengantarkan anda menuju kamar hotel.

Cara Membuka Pintu Kamar Hotel

Bagi yang belum pernah masuk di kamar hotel, membuka pintu hotel itu akan menyulitkan karena anda bingung hanya akan di bawakan kartu/cardlock sedangkan kalau di rumah biasanya kan pakai berbentuk kunci. Padahal cara membukanya sangatlah mudah.

  1. Segera menuju kamar sesuai resepsionis yang di infokan.
  2. Cari kotak sensor pada pintu kamar, biasanya terletak dibawah daun pintu kamar hotel.
  3. Ketukkan cardlock pada kotak sensor tersebut. Ketika lampu sensor berwarna hijau atau telah terdengar bunyi berarti proses membuka pintu telah berhasil.
  4. Putar daun pintu kebawah untuk membuka dan masuk kedalam kamar hotel.

Ingat jangan sampai teledor ya, saat anda keluar dari kamar hotel, pastikan cardlock anda bawa. Apabila anda lupa membawa dan kartu masih di dalam anda tidak bisa masuk kedalam solusinya adalah meminta bantuan pihak hotel.

Read :  Explore Bromo, Menginap di View Bromo Homestay

Cara Menghidupkan Listrik Kamar Hotel

Setelah kelar membuka pintu kamar Hotel anda harus menghidupkan listrik kamar. Caranya pun sangat mudah, gunakanlah cardlock tadi dan cari sensor untuk menghidupkan listrik kamar hotel. Biasanya terletak di sebelah pintu masuk.

Kartunya di colokkan sesuai contoh di atas. Apabila cardlock tersebut anda cabut maka listrik otomatis mati. Maka dari itu sebelumnya juga sudah saya jelaskan, jangan sampai cardlock ketinggalan karena kebanyakan mereka ketinggalan di sensor listrik ini.

Cara Check-out Hotel

  1. Sebelum check-out pastikan semua barang yang anda bawa sudah terpacking. Dilarang untuk membawa barang yang berada di kamar hotel walaupun ada beberapa barang yang digratiskan karena layanan. Lebih eloknya yang digratiskan itu digunakan di tempat tersebut.
  2. Selanjutnya silahkan untuk mengunjungi resepsionis dan menjelaskan apabila anda mau check-out. Pihak resepsionis selanjutnya akan menghubungi Housekeeping untuk mengecek kamar yang anda gunakan apakah ada yang kurang atau ada ketinggalan barang bawaan anda.
  3. Setelah dipastikan aman, resepsionis selanjutnya akan membuat struk tagihan pembayaran dan mengembalikan uang jaminan anda.
  4. Apabila pembayaran lunas dari awal, anda sudah bisa langsung melanjutkan perjalanan. Jika belum segera lunasi pembayaran.

Dengan begini artikel cara menginap di hotel panduan untuk pemula sudah anda pelajari, dan silahkan untuk memulai untuk membooking hotel yang anda inginkan.

Bang Nasrul

Ada pertanyaan bisa hubungi media sosial saya kalau kerjasama yang serius di blog saya bisa langsung via email ask@lensanasrul.com, seputar foto cek www.bangnasmotret.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Shoka Bukit Senja, Spot Melihat Sunset Pemandangan Pantai Parangtritis

Next Story

6 Situs Jual Foto Populer Bisa Mendapatkan Passive Income

error: Alert: Dilarang Copy Artikel Di Sini